epicwin138
epicwin138
epicwin138
2 Buah Istimewa dalam Al Quran Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

2 Buah Istimewa dalam Al Quran Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Read Time:2 Minute, 11 Second

Jakarta, CNBC Indonesia – Al Quran yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman bagi banyak hal. Urusan kesehatan, berbagai informasi juga tercantum dalam Alquran.

Alquran sendiri memiliki banyak nama, salah satunya adalah Asy-Syifa yang artinya penyembuh. Maka tidak heran jika para mufassir mengatakan bahwa kitab suci Alquran juga memiliki khasiat sebagai obat berbagai penyakit.

Allah berfirman: “Wahai manusia! Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, obat untuk penyakit yang ada di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS Yunus [10]: 57).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 2 buah yang disebutkan dalam Al Quran yang ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

1. Zaitun atau zaitun

Foto: Ilustrasi buah zaitun (Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay)

Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al Quran. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya buah ini dalam sejarah perkembangan Islam. Zaitun tidak hanya memiliki nilai gizi, obat dan kosmetik; tetapi juga memenuhi fungsi agama sebagai tanda kebesaran Allah SWT.

Dalam surat Al Mu’minun ayat 20, Alquran menceritakan tentang buah-buahan yang wajib dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan rempah-rempah untuk makanan.

Zaitun juga memiliki asam lemak esensial yang baik untuk fungsi jantung dan otak, serta polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Bahkan, banyak orang yang memilih minyak dari buah zaitun sebagai pilihan minyak yang lebih sehat dibandingkan minyak sawit.

Minyak zaitun mengandung sekitar 75% asam lemak tak jenuh tunggal. Saat mengganti lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari buah zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat. Manfaat kesehatan dari minyak zaitun juga dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

2. Buah ara atau buah ara

Foto: Auguste A melalui Unsplash
Buah Tin, salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

Al-Qur’an memiliki satu bab bernama Surah At-Tin yang berarti buah ara. Bahkan, Allah bersumpah dengan nama buah ara dan zaitun.

Referensi buah ara dalam ayat-ayat Alquran berbicara tentang manfaat obat dari buah tersebut. Dalam tradisi Islam, apapun nama yang digunakan untuk bersumpah demi Allah memiliki keagungan atau kepentingan yang melekat padanya.

Buah ara atau figs mengandung pektin, serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut menghilangkan kadar trigliserida berlebih dan membantu menghilangkan trigliserida. Selain itu, buah ara kering mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6, fitosterol yang bersifat kardioprotektif dan membantu meningkatkan kesehatan otak.

Buah ara, yang dalam bahasa Inggris disebut fig, juga mengandung magnesium, mineral dalam tubuh yang berperan penting dalam kesehatan tulang dan keseimbangan energi.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Berikutnya

Akibat Cuaca Ekstrim, Harga Durian dan Mangga ‘Retak’!

(Linda Hasibuan/hsy)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Stadion Gibran Pajang Manahan di Twitter, Netizen Bingung Previous post Stadion Gibran Pajang Manahan di Twitter, Netizen Bingung
MU Ucapkan Selamat Hari Film Nasional, Netizen: Makin Sedih Min Next post MU Ucapkan Selamat Hari Film Nasional, Netizen: Makin Sedih Min